Ajang Uji Hati

Tulisan di hari ke duabelas, tentang kegiatanku di hari Sabtu kemarin. Namun, selum masuk ke tulisan inti. Mau cerita yang ga penting dulu, ini tentang tulisan-tulisanku. Sungguh menyedihkan melihat tulisan-tulisanku yang akhirnya isinya seperti cerita pribadi ala-ala blog pribadi gitu. Pengennya buat berbagai bentuk tulisan tetapi karena jarang-jarang baca jadi malah nulis yang gini-gini mulu. Ga berkembang nih tulisannya. Ya udahlah, untuk sementara ga apa, semoga nanti ada waktu untuk memperbaiki tulisan ini. Oke-oke segera kita mulai tulisan kali ini.

Seperti biasanya, aku masuk kerja di hari Sabtu karena memang sedang bertugas untuk mengawal kegiatan yang bisa saja terjadi di perpustakaan. Entah kenapa aku sendiri merasa kata-kata yang baru saja aku ketik itu unik, eh ngapain dibahas juga ya? Oke kita kembali ke pokok bahasan lagi. Aku akan kembali ulangi… Continue reading

Ramadhan Dan Kesehatan

Halo semua, selamat pagi. Ini adalah postingan kelima yang aku buat di hari keenam. Mohon maaf karena kemarin pusing berat jadi ga nulis. Jadi gini nih ceritanya…

Dari pagi menuju siang, aku udah ngerasa pusing ga karuan. Bagian kepala, leher, sampai mata. Ga tau sebabnya tiba2 aja gitu. Sampe buka puasa pun gitu, udah makan loh masih aja pusing. Aku kira kan karena laper.

Hingga akhirnya, aku putuskan untuk segera tidur setelah ikut 2 rakaat sholat tarawih. Tak sengaja terbangun jam 10 malam (yg awalnya aku kira jam 3 pagi), dan menyadari sedikit enakan kepalaku. Aku merasa yg banyak aku lakukan hanyalah minum air. Dan baru aku sadari, aku akhir2 ini kurang minum. Pantes aja pusing ga ketulungan.

Ramadhan memang meminta kita untuk tidak minum dan tidak makan dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Namun, hal itu tidak lantas membuat kita tidak menjaga makan dan minum kita. Terutama minum. Karena bisa saja kalian merasakan hal yang sama sepertiku. Sehingga saranku untuk kalian semua, tetaplah jaga kandungan air di dalam tubuh. 1 gelas ketika berbuka, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas menjelang sholat isya, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas menjelang tidur, 1 gelas ketika bangun sahur, dan 1 gelas sebelum azan subuh.

Semoga kalian semua selalu sehat dan kuat menjalani puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Selamat berpuasa…
Permadi Heru P

6 Juni 2017

Sandal Baru

Ini adalah sandal baruku. Tepatnya, baru tadi pagi aku membelinya di warung deket warteg cemara yg berada di jalan cemara sektor 1.1 BSD. Sandal ketiga yg aku beli, setelah yg pertama putus, yg kedua beralih majikan, dan kini yg ketiga. Sandal keduaku tidak hilang. Ia hanya memiliki tuan yg baru. Ada jamaah masjid yg ga sengaja make sandalku yg mana sandalku ini mirip punya dia. Kenapa aku enggak gantian pake punya dia aja? Aku ngerasa itu bukan hakku. Siapa tau kan dia sadar lalu mencari sandalnya dan saat balik ke masjid kok enggak ada…

Kalo aku sendiri, aku udah ikhlas kok. Semoga sandalnya dipake ke tempat2 ibadah gitu. Biar banyak pahalanya… ya kan ya…

Arti tiga juga membuatku ingat bahwa ada 3 hal yg disuka sama Allah. Antara lain:

  1. Sholat di awal waktu (berjamaah di masjid)
  2. Berbakti kepada kedua orangtua
  3. Bersungguh2 berada di jalan Allah (jihad fisabilillah)

Dan kalo digabung, jadi angka 33. Ingetin pula biar pas ngelangkah berdzikir sekurang2nya 33 kali, entah itu tahmid, tasbih, tahlil, takbir atau istighfar…

Ya semoga sandal yg sekarang bisa awet….

Postingan Ke-2 Semoga Baik-baik Saja

Halo semuanya, selamat datang di postingan ke dua dari kegiatan #nulisrandom2017 yang dilakukan selama tiga puluh hari dihitung mulai dari kemarin tanggal 1 Juni 2017. Sejujurnya, kali ini aku enggak tau mau nulis apa karena aku tiba-tiba buyar dari fokus awal tentang membuat berbagai bentuk tulisan. Namun, untuk menghapus segala keresahan hati karena masih tak tahu mau dibawa ke mana tulisan ini, maka aku paksakan saja untuk terus menulis. Kalau kata teman, teruslah menulis karena yang dibutuhkan adalah jam terbang… Continue reading

Kenalan Dulu

Ini adalah postingan pertama dari kegiatan #nulisrandom2017 yang diselenggarakan oleh NulisBuku.com. Oke, kali ini aku hanya ingin berkenalan dengan kalian di postingan ini. Sebetulnya aku sudah sedikit membuat perkenalan di pages di blog ini. Namun, karena ini adalah edisi spesial jadi aku buat perkenalan yang baru, silakan dibaca untuk sedikit mengenalku. Karena malu bertanya sesat di jalan, eh salah yang bener tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka cinta, #eh.

Continue reading

Alhamdulillah Ya Allah…

Alhamdulillah ya Allah, tapi beneran deh ga sengaja…   

Sore ini, azan sudah berkumandang saat aku sedang jalan menuju Masjid Darul Islah. Sesampainya di sana, aku langsung dipersilakan duduk untuk menikmati iftar. Alhamdulillah, berbuka dengan segelas teh hangat, gorengan, dan es kelapa muda.

Seusai berbuka, dilanjut dengan sholat Maghrib berjamaah. Pas ketika tahiyat akhir… suara hujan mulai mengeras. Hujan yang tiba2 datang membuat udara panas berubah dingin. Sebetulnya hari ini sudah cukup sejuk sih udara. Hujan tak pula berhenti setelah aku sholat bada Maghrib. Ini bisa bikin gagal makan di masjid. 

Alhamdulillah, hujan tidak memadamkan niatan makan berjamaah di masjid, yeay…! Dengan semangat jomblo mencari jodoh (semangat 45 udah terlalu mainstream, dan pula semangat jomblo mencari jodoh itu ga kalah hebat atau mungkin lebih hebat [halah]), kuterjang hujan dengan jaket parasutku. Sebetulnya sih hanya turun dari lantai 2 ke lantai 1 tapi kalo hujan deres gini ya jadi sebuah perjuangan tersendiri.

Kalo ga salah lauk kali ini cukup oke, tadi ga sengaja liat. Dan setelah ikut ngantri. Jeng-jeng-jeng… tibalah giliranku mengambil nasi, karena masih ada orang di belakangku, aku jadi ngerasa agak terburu2 mengambil jatahku. Aku mulai dengan menyendok nasi. Ga banyak, cukup aja. Ada sambel ati kentang, dikit aja. Ada selada juga meski hari ini sudah Rabu (maaf kalo guyonannya jayuz). Lalu… lalu… ayam bakar…😍😍😍  uwow… senangnya hati ini. Dalam hati, pengen nih dada plus paha tapi kalo aku kayak gitu ya ga sopan. Masa ya maruk… ya pastilah aku milih dada… lalu setelah selesai ambil lauk lain aku mencari tempat duduk untuk makan. Alhamdulillah, waktunya makan. Dan saat melihat isi di piringku. Aku heran, kan tadi aku ambil dada. Kok ada paha? Loh…

Aku mulai mengintrogasi para calon pengisi perut yg berada di atas piring. Hei, kalian, jangan ngumpet di bawah selada dan krupuk udang, karena udanglah yg biasa berada di balik batu. Aku mulai menggeledah isi piringku, satu persatu aku cocokkan dengam daftar yg sepertinya aku ambil. Oke, semua ada. Termasuk dada ay bakar. Eh, bentar. Dada ayam bakar? Kok ada? Eh ini paha bakar… jadi… aku ga sengaja ambil 2? Dada dan paha? Astaghfirullah…

Ya Allah, ga sengaja nih.

Eh bentar…

Alhamdulillah ya Allah, tapi beneran ini ga sengaja loh…

AKHIRNYA AKU MAKAN DENGAN DAMAI. Tanpa dipungkiri masih ada perasaan bersalah karena ga sengaja ambil jatah ayamnya 2…

TAMAT 

Nonton

Pengen nonton SAO Cadinal Scale tapi ga punya temen. Mumpung banget nih hari ini ada di Teras Kota. Mungkin akan nunggu bajakanny aja deh ya…, masih agak lama sih tapi sabar aja ntar juga muncul kok. Enggak gitu penting-penting amat nonton ni film. Liat screenshot di sebuah situs yang udah sediain filmnya dengan kualitas buruk, ada adegan tokoh utamanya lagi di Wagnaria… kok kayak kenal gitu ya tempatnya…

Entah kenapa sampe sekarang masih belum nemu film yang pengen banget ditonton di bioskop. Mungkin kalo ada Petualangan Sherina 2 kali ya… Atau sejenis itulah… udah gitu aja deh kali ini, ga penting amat ya…