BukaLapak Buka Banyak Peluang

Oke, ini sedikit tanggapan sebagai pengguna BukaLapak. Aku bukanlah orang yang suka berbelanja online, hanya kisaran 1, 2, atau 3 kali dalam setahun atau mungkin malah enggak ada perbelanjaan online dalam satu tahun. Berbelanja via BukaLapak? ehm… pernah, setidaknya aku sangat mengingat tas ransel yang saat ini aku pakai adalah hasil dari berbelanja di BukaLapak. Jika diingat-ingat hal itu malah membuat aku sedih. Hihihi…

Sepenuhnya bukan salah BukaLapak sih soal kesedihan yang aku alami, karena toh BukaLapak.com adalah tempat berbelanja C2C (Customer to Customer). Tampilan yang begitu menarik membuatku terpikat sama barang yang ingin aku beli tetapi nyatanya enggak oke-oke banget sih barang yang aku beli. Ya Alhamdulillah bisa dipakai sampai saat ini (sekitar enam bulan udah membersamai perjalanan hidup, hatsyah…). Continue reading

Sekali Lagi

Kesempatan, sebuah hal yang sangat berharga. Tak semua orang mendapatkan sebuah kesempatan. Terlebih untuk kesempatan kedua. Terkadang kesempatan muncul hanya sesaat dan kemudian ia lenyap, entah pergi ke mana. Mungkin pula ia benar-benar hilang, tak ada yang tersisa dari kesempatan tersebut. Dan bila kamu adalah orang yang beruntung mendapatkan kesempatan kedua, atau bahkan ketiga, keempat… kamu seharusnya benar-benar bisa menggunakan kesempatan tersebut. Continue reading

Cerdas Dalam Mengatur Finansial

Aku membaca beberapa buku tentang finansial. Dan aku dapati, bahwa hal yang penting dalam mengelola pendapatan kita secara sederhana cukup dibagi menjadi tiga. Yaitu… 

1. Alokasi untuk sosial: ini adalah hal pertama dan utama. Para orang kaya menjadikan alokasi untuk berbagi dengan sesama adalah hal yang dipedulikan pertama kali. Persentase untuk alokasi ini biasanya 2,5-10% dari pendapatan. Untuk yang beragama Islam, setidaknya 2,5% adalah batas minimum berzakat.

2. Alokasi untuk investasi dan dana darurat: investasi  memiliki banyak instrumennya, silakan untuk dicari tahu untuk instrumen yg dibutuhkan. Sesuaikan dengan tujuan saja.

Sementara dana darurat, sediakan 3x biaya bulanan untuk yg masih jomblo. Untuk yg udah nikah, 9x biaya bulanan untuk yg masih belum ada momongan dan yg baru masih punya 1. 12x biaya bulanan untuk yg udah punya 2 atau lebih… biaya darurat bisa berupa tabungan atau deposito yg bisa cepat diambil.

Alokasi untuk investasi dan dana darurat kisaran 10-40%.

3. Biaya sehari-hari: kalo dari yang aku baca, biaya sehari-hari adalah sisa dari alokasi sosial dan investasi. Bukan sebaliknya. Karena memang sisa, ya silakan saja untuk dihabiskan dengan bijak. Kisaran 50% dari pendapatan ya…

Namun, jangan lupa juga di biaya  sehari-hari ada tugas berupa bayar tagihan. Jadi sebelum bener-bener dipakai untuk memenuhi keinginan. Bersihkan dulu hutang-hutang yang berserakan…

Bagi yang ga punya utang atau cicilan. Selamat ya…

Semoga tulisan di atas bermanfaat… terima kasih sudah membaca sampai selesai.
Permadi Heru P

25.04.2017

Berdagang Ayo Berdaganga…

Assalamualaykum,
Halo semua… para omnivora tercinta. *Permadi* jualan beras nih… bagi yang mau nyobain berasnya bisa loh dipesen2 dulu… gratis ongkir lagi (seperti biasa syarat dan kententuan berlaku)

3 jenis beras yang tersedia:

Beras Platinum (setara ramos) 14000/kg

Beras Titanium (setara ramos dengan kelebihan bentuknya yang lebih utuh) 15000/kg

Beras Batik Wangi (setara pandan wangi) 16000/kg

Contoh beras terlampir😁
*Semua beras murni alami* tanoa campuran, murni satu jenis tidak dicampur-campur dengan jenis lain, *tanpa pemutih, pewangi, dam pengawet*
*Gratis ongkos kirim* untuk pembelian minimal:

5kg untuk daerah bsd dan kota tangsel

10kg untuk daerah kabupaten tangsel, jakarta, dan depok

15kg untuk daerah bogor

Bagian Dari Kebaikan

Mengajarkan? Memberi contoh? Aku sebut sebagai menjadi bagian dari hal baik. Terlalu wah bila aku bilang mengajarkan atau memberi contoh atau menjadi teladan. Cukuplah menjadi bagian dari hal baik.

Dan apakah itu?

Itu hanya membuang sampah pada tempatnya, mengantre, dan mengambil makanan sebatas yang kita makan, sebisa mungkin bersih tak menyisakan makanan…
Dan bagi kalian. Hal apa yang ingin kalian biasakan sebagai bentuk bagian dari hal baik?

Investasi Ekonomi

​Kemarin udah bahas investasi yang secara universal. Kali ini aku mau bahas investasi yang berkaitan dengan investasi ekonomi.

Ada beberapa produk investasi yang mungkin bisa jadi pilihan. Ini adalah beberapa contohnya:

1. Emas

Emas biasa dikatakan sebagai investasi _zero inflation_ hal itu karena emas akan menjaga nilai uang yg kita miliki. Contoh sederhana adalah harga kambing yang dari dulu sampai sekarang seharga 1 dinar.

2. Reksa dana

Bentuk investasi reksa dana itu aku ibaratkan menabung. Karena kita hanya menyerahkan uang kita untuk dikelola oleh perusahaan reksadana. Lalu kenapa enggak nabung aja? Perbedaannya pada bunga atau di dalam syariah pada bagi hasilnya. Jumlah yg diberikan lebih besar dibanding menabung di bank atau bahkan deposito. Namun, kembali lagi bahwa investasi ini pun memiliki resiko.

3. Saham

Bagi yang ingin menjadi pemilik aset perusahaan belilah saham. Saham adalah bukti bahwa kita memiliki aset dari perusahaan yang kita miliki sahamnya. Meski hanya 1 lot. Bermain saham memiliki resiko yang tinggi, karena bila sampai salah membeli di mana saham kita malah nilai turun maka investasi kita gagal.
Nah mungkin 3 hal itu dulu yang bisa aku bagi. Bila ada pertanyaan dan diskusi lainnya bisa langsung hubungi aku. Bila mau lanjut baca2 artikel lain. Silakan lanjutkan ke permadiheru.WordPress.com:)

MOtivasi Pagi

Ketika aku nulis di sini berarti aku harus siap untuk tepat 100% apa yang ak tulis itu benar. Karena delete dan backspace d keyboard ini sedang tidak berfungsi. Dan lihat saja apa yang telah terjadi, sudah ada dua kesalahan a dalam tulisan ini bahkan sekarang sudah tiga. Ini seperti tantangan untuk tidak merubah sedikit pun apa yang telah ditulis. Mungkin seperti itu pula kehidupan tak ada yang bisa menghapus semua terekam. Memaag memaafkan ataupun melupakan tidak serta merta menghilangkan kenyataan bahwa hal yang telah terjadi lenyap. Karena nyatanya memang tak ada yang bisa menghapus. Hal yang terjadi layaknya sebuah domino yang jatuh dan membuat jatuh domino lain.

Continue reading