Ati-ati Jebakan Batman

 

Diskon gede? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah curiga, kenapa malah curiga? Karena kalo kita curi ikan nanti ditenggelamkan sama Bu Susi. Sebetulnya curiga juga kata yang kurang tepat untuk dipakai. Mungkin kita bisa menggunakan kata “tingkatkan kewaspadaan”. Diskon gede dan itu di toko online, kita wajib hukumnya waspada pada iming-iming itu. Masih ingatkan tentang Hari Belanja Online yang isinya cuma menaikkan harga dan memberi diskon besar hingga akhirnya harga tak jauh beda dari harga asli, bahkan kalo yang iseng si penjual memberi harga yang lebih mahal dari aslinya.

Kita coba lihat dengan diskon gede di sini

 

di gambar (jika gambar tidak terlalu terlihat bisa diklik) tertera bahwa earphone yang harganya 120 ribu didiskon menjadi 30 ribu. Wow banget ya! Namun, coba kita lihat di toko sebelah…

Harga yang tertera di sana tak jauh beda dengan harga setelah didiskon 75%. Ehm…, ini bener-bener bikin gemes… Tindakan naikin harga agar bisa ngasih diskon gede itu ga oke banget. Jebakan batman. Bersyukur ya harganya masih lebih murah tetapi kalo dengan sistem narik pelanggan dengan diskon gede yang palsu gitu, apa bener bikin banyak yang mau beli. Kalo enggak cek toko sebelah sih bisa bangga tetapi kalo udah cek di toko sebelah. Yakin bersyukur dengan diskon gedenya? Atau malah merasa tertipu?

Nah, maka dari itu semua… sebagai pengguna internet yang bijak nan penuh wawasan dan udah ikutan kelas literasi informasi. Perlulah bijak untuk menilai sebuah tayangan ada di layar monitor. Tak semua berita itu benar, tak semua diskon itu asli, dan tak semua laki-laki…(bagi kalian yang tau lagu ini, selamat anda masih mengenal lagu dangdut yang syahdu).

Tambahan, ini di lapak sebelah juga ada yang harganya lebih murah dari di Bhinneka (tapi tep masih mahal dibanding harga diskon gede abalnya sih).

Sekian dari saya, dan selalulah waspada di dunia maya. Karena mempercayai mentah-mentah apa yang ada di internet itu seperti kita minum air dari hidran.

 

Permadi Heru P

23 Agustus 2017

Advertisements
This entry was posted in Artikel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s