Jatuh Cinta Pada Kata

Kalian pernah dengar kata lexophile? Lexophile adalah seseorang yang cinta pada kata-kata, mirip-mirip bibliophile yang menyukai buku. Mungkin, aku adalah salah satu dari mereka yang memiliki kesukaan pada kata-kata. Aku menyukai kata-kata yang sudah masuk dalam sebuah frasa atau kalimat. Kadang, kemunculan kata tersebut begitu asyik untuk dibaca dibanding dengan kata lain yang mungkin memiliki arti yang sama. Atau juga kata tersebut membuat sebuah frasa atau kalimat tersebut menjadi lebih puitis.

Contoh sederhana seperti ini: Langit Bandung terlihat redup pagi ini; kata redup di frasa yang aku tuliskan tak akan jauh beda dengan kata mendung. Namun, aku merasa kata redup memiliki sihir tersendiri. Ia seakan lebih greget, gemesin, dan rasanya pengen dicubit. Aku sangat suka dengan diksi-diksi yang seakan membuat sebuah kata menjadi lebih memiliki rasa. Ah, aku sendiri bingung untuk mengungkapkan perasaanku sendiri dalam kata.

temu1/te·mu/ v sua; jumpa

pertemuan/per·te·mu·an/ n 1 perbuatan (hal dan sebagainya) bertemu; perjumpaan; 2 tempat bertemu (berkumpul dan sebagainya): balai ~; ia sedang pergi ke ~; 3 perkumpulan (seperti rapat, konferensi): malam ~; ~ para anggota panitia; 4 pergaulan; 5 perjodohan; perkawinan;

Pertemuan adalah kata yang entah kenapa begitu aku suka, mungkin karena kata tersebut tak akan pernah bisa berdiri sendiri. Temu, bertemu, pertemuan, di kehidupan ini kata tersebut akan selalu berdampingan dengan kata pisah, berpisah, perpisahan. Dan di antara dua kata tersebut nantinya ada kata kenangan…

Selalu kagum dengan orang-orang yang bisa menjinakkan kata-kata yang begitu liar atau memolesnya yang awalnya biasa saja menjadi sebuah kata yang indah tuk dibaca. Merekalah yang aku katakan sebagai penyihir kata.

referensi:

http://kbbi.web.id/temu

http://wikipedia.com

Leave a Reply

