Ramadhan Dan Kesehatan

Halo semua, selamat pagi. Ini adalah postingan kelima yang aku buat di hari keenam. Mohon maaf karena kemarin pusing berat jadi ga nulis. Jadi gini nih ceritanya…

Dari pagi menuju siang, aku udah ngerasa pusing ga karuan. Bagian kepala, leher, sampai mata. Ga tau sebabnya tiba2 aja gitu. Sampe buka puasa pun gitu, udah makan loh masih aja pusing. Aku kira kan karena laper.

Hingga akhirnya, aku putuskan untuk segera tidur setelah ikut 2 rakaat sholat tarawih. Tak sengaja terbangun jam 10 malam (yg awalnya aku kira jam 3 pagi), dan menyadari sedikit enakan kepalaku. Aku merasa yg banyak aku lakukan hanyalah minum air. Dan baru aku sadari, aku akhir2 ini kurang minum. Pantes aja pusing ga ketulungan.

Ramadhan memang meminta kita untuk tidak minum dan tidak makan dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Namun, hal itu tidak lantas membuat kita tidak menjaga makan dan minum kita. Terutama minum. Karena bisa saja kalian merasakan hal yang sama sepertiku. Sehingga saranku untuk kalian semua, tetaplah jaga kandungan air di dalam tubuh. 1 gelas ketika berbuka, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas menjelang sholat isya, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas menjelang tidur, 1 gelas ketika bangun sahur, dan 1 gelas sebelum azan subuh.

Semoga kalian semua selalu sehat dan kuat menjalani puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Selamat berpuasa…
Permadi Heru P

6 Juni 2017

Leave a Reply

