Ramadhan Dan Konsumerisme Masyarakat Indonesia

Bulan Ramadhan, bagi yang beragama Islam wajib untuk menambah satu ibadahnya. Bila biasanya berkewajiban untuk sholat lima waktu, kini ditambah dengan berpuasa dari terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari. Hal itu menandakan bahwa di bulan Ramadhan, enggak cuma puasa doang sholat lima waktu juga tetep wajib dilakuin ya…

Namanya puasa, berarti kan tidak makan dan tidak minum. Hal itu juga membuat kita mengurangi jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Namun, nyatanya harga barang-barang malah tambah mahal, inflasi dadakan muncul. Secara sederhana sih karena banyaknya permintaan jadi harganya naik.

Bila dilihat dari kacamata logika ala saya (penulis iseng ini), puasa bisa menjadi awal untuk membantu pemerintah mengurangi angka inflasi bahkan bisa jadi awal deflasi. Sepertinya mudah ya bila dilihat dari satu sisi itu saja, lalu bagaimana dengan produksi yang dilakukan oleh pabrik-pabrik besar? Pengurangan daya beli masyarakat bisa jadi membuat daya produksi menurun, daya produksi meurunn menyebabkan angka keuntungan menurun, angka keuntungan menurun membuat produksi dihentikan. Bagaimana dengan pegawainya? Hal itu bisa jadi membuat pengurangan tenaga kerja di sebuah pabrik terjadi. Apakah nantinya hal itu tidak membuat angka PHK akan tinggi?

Jadi, perlukah melakukan pengurangan daya beli? Haruskah gaya hidup yang tingkat konsumerismenya tinggi dipatenkan sebagai gaya hidup kita untuk menyokong kehidupan orang lain?

 

 

 

 

 

Kalo ada yang mau memberi pendapat dipersilakan. Karena aku sendiri masih belajar tentang hal ini dan itu. Nulis ini pun agar pendapatku didengar dan ada yang memberi pendapat lain untuk membuka wawasanku. Terima kasih semua yang sudah membaca…

sumber gambar: http://equator.co.id

17 Desember 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s