Membenci

Aku tak pernah setuju bahwa membenci seseorang itu hal yang baik. Apa pun alasannya. Aku tak pernah setuju bahwa ada kalanya membenci itu adalah sebuah hal yang benar. Tak pernah sekali pun. Karena aku tahu, sangat mengetahui seperti yang pernah aku rasakan pula. Membenci itu melukai diri sendiri. Hal itu membuat kita menghabiskan masa hidup dengan sebuah beban yang begitu berat di dalam hati.

Dan bila harus membenci, mungkin sifat dan tidakan dari seseoranglah yang lebih baik kita benci. Sangat paradoks dengan kata-kataku sendiri sebelumnya di mana membenci adalah hal yang tidak baik. Sayangnya, kita bukanlah makhluk yang seutuhnya bisa menghilangkan rasa benci tersebut. Dan bila akhirnya kita harus membenci seseorang. Semoga kita bisa keluar dari zona tersebut. Kemudian kita melangkah menapaki pelajaran dari perasaan benci itu.

Lalu, bagaimana bila akhirnya kita membenci diri kita sendiri? Satu hal yang aku pelajari, perjalanan masih terus berlanjut…

Leave a Reply

