Tahun Ini

Di tahun ini adalah pertama kalinya aku berpuasa di BSD. Ini adalah pengalaman yang… biasa aja sih. Ga ada bedanya sama saat kuliah, hanya kurang dapet sensasi sebagai PPT (Para Pencari Takjil). Hal itu dikarenakan akunya yang kurang berani untuk sok ikut-ikut buka bersama di sebuah masjid di dekat kosan. Sebetulnya sih boleh-boleh aja (masa sih ga dibolehin ikut buka bersama) dan pula setahuku belom ada kejadian sebuah masjid meralarang seorang cowok untuk ikut buka bersama karena terlihat sekali bahwa ia adalah seorang PPT.

Yang ada sih biasanya disuruh ikut buka bersama aja. Ga usah sok malu-malu atau apa. Itu sih pengalaman yang aku dapat hingga saat ini. Oh ya, bila ada yang tanya kenapa ini kok udah ganti paragraf yang sesungguhnya masih nyambung dari paragraf di atas. Sesungguhnya ini khilaf. Semoga dimaafkan.

Sampai saat ini, aku ngerasa tahun ini adalah puasa paling sederhana bagiku. Buka puasa dengan 3 kurma, air putih, dan teh anget. Pernah juga sekali dengan agar-agar dari nasi kotak setelah ngawas ujian. Banyak yang jualan makanan di dekat kosan tetapi tidak ada satu pun yang menarik perhatianku. Yang ada, aku hanya ingin sesekali aku berbuka bareng orang lain. Tiga hari berbuka puasa, aku selalu berbuka sendirian. Hanya ucapan selamat berbuka dari teman-teman dan orangtua. Ih, kayaknya sedih amat ya?

Namun, Alhamdulillah baik deh masih bisa nikmati Ramadhan dan bisa dengan santai kalo mau makan tinggal beli atau makan. Di mana ada orang lain berpikir untuk bisa makan dengan kenyang. Apa lagi saat ini banyak orang merasa miskin karena kekurangan rasa syukurnya. Semoga kita dijauhkan dari hal tersebut. Dan semoga kita makin hebat dalam berbagi.

Tahun ini pun aku ga akan membuat sebuah katagori tentang bulan Ramadhan seperti tahun kemarin. Karena aku tahu, aku ga serajin itu buat catatan harian untuk kegiatan hari-hariku. Mungkin akan nulis tetapi enggak rajin amat. Banyak-banyak baca dzikir, sholawat, Al-Quran, dan hadist mungkin lebih baik untukku dibanding baca-baca manga mulu atau nulis puisi-puisi ga jelas yang ajaib.

Setiap tahunnya kadang kita membuat resolusi untuk Ramadhan kita. Apakah kalian sudah membuat resolusi baru di Ramadhan tahun ini? Mungkin ini menjadi beberapa resolusi yang paling laris: khatam Al-Quran, perbanyak hafalan surat, sholat tepat waktu dan berjamaah. Di samping tiga resolusi tersebut masih ada segudang yang lain yang mungkin salah satunya adalah resolusi dari kita. Semoga resolusi tersebut dapat kita penuhi dan setelah Ramadhan ini kita pun bisa melanjutkannya bahkan makin baik lagi.

Tak lupa pula aku ucapkan terima kasih pada teman-teman dan kerabat kerja yang non-muslim yang mana ikut menjaga kerukunan antar umat beragama, menghargai bulan suci ini dengan ikut berpuasa meski hanya sekali, berpakaian dengan lebih sopan (menutup aurat), ngucapin selamat berpuasa dan lain sebagainya yang akan terlalu banyak bila dituliskan di sini. Udah gitu aja sih postingan kali ini, semoga kita makin adem ayem ya… ga ada lagi konflik antar agama, makin rukun, makin memanusiakan-manusia.

Sekian dari Permadi Heru P

9 Juni 2016

 

nb: kalo mau ngajak buka bareng boleh banget. Selamat berpuasa semua…

sumber foto dari: cloudfront.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s