Mahasiswa dan Jam Tidur

Oke, kali ini aku ingin sekali membahas tentang jam tidur mahasiswa. Mulai dari diriku sendiri. Aku tidur kira-kita pukul 9 atau 10 malam biasanya, dan bangun pukul 3 pagi. Itu waktu aku kuliah di semester 1, seperti anak rajin ya? Iya, aku rajin banget waktu itu. Namun, pas awal-awal doang sih, karena setelah itu aku ikut latihan PK yang menyita waktu hingga pukul 12 malam dan itu masih belum pulang ke asrama, belum mandi, belum sholat isya (kalo lagi males sholat isyanya jadi jam 3 atau jam 4an dini hari mepet ke subuh).

Mungkin jam tidurku cukup baik ya, ibarat kata seperti anak yang bahagia akan kehidupan kampusnya. Karena tidur dengan rentang waktu 5-6 jam itu cukup banget dibanding yang tidur cuma 2-3-atau-4 jam saja. Contohnya anak-anak teknik, anak-anak teknik, dan anak-anak teknik. Kenapa kok contohnya tiga teknik semua? Karena banyak kan macam teknik. Hehehe…

Dan saat jam tiga, aku mulai dengan keluar kamar asrama, ambil air wudhu, kemudian aku sholat tahajud. Selesai tahajud (meski cuma 2 rakaat) aku mulai belajar. Terbukti olehku sendiri nilaiku Alhamdulillah baik, IP mencukupi untuk dikatakan cum laud (iyalah, namanya juga masih semester 1, apa lagi MPKT). Bagi kalian yang ingin mencoba tips ini boleh banget, awali pagi dengan berdoa pada Allah, bagi yang nasrani kan bisa digunakan sebagai saat teduh, dan untuk penganut Hindu, Budha, Kong Hu Cu juga bisa untuk beribadah (mohon maaf penulis belum tahu namanya secara lebih detil, tolong kasih tahu saja via komen di bawah agar bisa dimasukkan ke dalam postingan). Aku ga bisa menjamin 100% berhasil tetapi aku menjamin bahwa berdoa itu hal yang baik dan bisa kita lakukan kapan pun.

Dan bila, ada mahasiswa mengeluh karena ia tidur cuma sebentar. Maka, dipastikan, bahwa, ia belum pernah jadi anak yang ngerjain kegiatan mahasiswa yang mana membuat mahasiswa tidak tidur seharian penuh meski lelah telah menghimpit diri…

Jadi, wahai para mahasiswa. Semangatlah dan semoga engkau semua dikuatkan akan penderitaan-penderitaan tugas dan kegiatan lain yang kau emban. Ah, penulis mulai enggak fokus nulis apa… jadilah sekarang mau diakhiri saja.

Intinya, mahasiswa dan jam tidur itu sangat bervariatif. Selalu siapkan mental yang kuat untuk jadi mahasiswa sejati. Gitu aja dulu lah ya, ntar sambung lagi kalo ada kesempatan dan kewarasan cara pikir, selamat menjadi mahasiswa…

 

Permadi Heru P

(Pernah jadi mahasiswa)

9 Juni 2016

Advertisements

2 comments on “Mahasiswa dan Jam Tidur

  1. wah ini lagi kangen jdi mahasiswa ya sob? kok baru posting srkng, hehe..
    kapan nih kongkow bareng, aku kmrin ke Wolf Book Fair

    • permadi says:

      Tau kok. Kan kau posting di fb. Ya udah, ayo kapan? Dan di mana? Aeon, sms, teras kota?

      Itu bukan rindu. Hanya denger curhatan anak-anak sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s