Puasa dan Dongeng

Bulan puasa adalah bulan yang paling banyak bermunculan kegiatan untuk mendongeng. Mulai dari yang direncanakan hingga yang diminta secara tiba-tiba atau yang dihubungi begitu saja (yang terkadang entah dapet aja nomorku). Namun, kadang waktu menjadi kendala. Sementara aku di BSD, permintaan mendongeng di Bekasi, Magelang, atau tempat lain. Yang mana selain itu pas sekali dengan aku yang masih ngurusin kerjaan di sini.

Tak jarang, mulai dari saat aku kuliah hingga saat ini aku masih sering ngoper kegiatan dongeng ke temen-temen yang ada waktu dan mau untuk mendongeng. Sayangnya, saat ini pun aku kehabisan stok temen-temen yang mudah untuk dihubungi untuk mendongeng. Kebanyakan udah pada sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Rasanya ingin untuk sesekali ngadain kegiatan dongeng di sebuah alun-alun di suatu sore menjelang azan maghrib.

Ide itu udah dari zaman kuliah, menuju pada zaman masih di LPDP, hingga sekarang saat aku udah jadi seorang pustakawan. Ide itu masih menjadi wacana. Lalu, kapankah akan kesampaian? Entahlah…, aku juga ga tahu. Kegiatan bersama anak-anak di bulan ini sangatlah banyak, mulai dari diadakannya baca Al-Quran bersama, buka besama, sahur bersama (aku belom pernah sih nemuin ini), pesantren kilat, hingga belajar itikaf. Dan di sanalah terkadang kita jumpai dongeng muncul.

Intinya, bulan puasa menjadi waktu yang ketje untuk melatih kemampuan mendongeng. Ada yang mau ikutan mendongeng juga?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s