Surat Cinta Ala-ala

Jadi pustakawan itu, kadang dapet kejadian yang unik juga. Ada yang ngembaliin buku, terus kadang iseng ngecek isi dari buku yang dibaca. Contohnya aja buku tentang consumer behavior. Di halaman pertama, ada sebuah amplop. Mikir deh, ini amplop apaan, warnanya putih. Biasanya sih dipake untuk kondangan. Iseng kan, namanya juga manusia. Buka deh itu amplop. Eh, isinya ada kertas. Ini semacam surat gitu ya? Pikirku. Ya cek aja, isinya apa.

Dan ternyata, isinya adalah sebuah surat. Lengkap, ada tanggal pembuatan, salam pembuka, isi, penutup, tanda tangan. Tak lupa, kata cinta. Halah… Di zaman yang katanya serba canggih ini, masih ada yang ngirim surat cinta di dalam buku, mana itu buku pinjaman di perpustakaan lagi. Ini, setipe kayak Rangga banget yang mutusin Cinta via surat. Atau mungkin AADC kembali membuat trend setelah AADC di 2002 menjadikan baca buku Aku sebuah trend, kali ini menulis sebuah surat untuk yang tersayang seperti di AADC2?

Sebentar, kalo itu yang terjadi. Mungkinkah, ini bukan surat cinta. Melainkan surat PHK (Putus Hubungan Kekasih)? Karena aku sendiri belum membaca sepenuhnya, baru iseng baca sepintas. Saat mau mulai membaca, mahasiswa yang tadi mengembalikan buku balik ke perpustakaan.

“Mas, maaf tadi ada yang ketinggalan di buku,” ucapnya sambil berjalan cepat ke arahku.

“Apa Mbak?” tanyaku.

“Ehm, saya cek ya, Mas,” ia langsung membuka-buka halaman buku yang tadi ia pinjam.

Tak ada yang ia temukan.

“Memangnya mencari apa, Mbak?” tanyaku

“Itu, ada amplop,” balasnya kebingungan sembari tangannya memberi sebuah isryarat bentuk persegi panjang.

“Oh, yang isinya ini ya?” aku memperlihatkan sebuah surat padanya.

“Ah, iya.”

Dia langsung menyambar kertas yang ada di tanganku.

“Eh, maaf, Mas.”

Aku hanya tersenyum.

“Mas udah baca?” tanyanya.

“Belom kok, cuma baru buka aja,” jawabku.

Iya tersenyum senang.

“Rahasia negara ya, Mbak isinya. Sampe sumeringah gitu senyumnya.”

Ia pun pergi, aku kembali menyelesaikan tugas untuk memasukan data-data ke dalam SLIMS.

 

Permadi Heru P

4 Juni 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s