Sudah Minum Berapa Gelas Hari Ini?

Jpeg

Sekali lagi, pusing tak terkira menyerang kepala. Sebelumnya pernah terjadi di bulan Desember (kalau tidak salah). Aku kira karena aku belum makan siang. Nyatanya setelah aku makan di malam harinya, pusing itu masih juga belum reda sepenuhnya. Hanya sedikit berkurang tetapi tidak begitu membuatku jauh lebih baik.

Di malamnya, kisaran pukul satu malam pusing tersebut membuatku tak bisa tidur. Terbangun dan tak bisa tidur lagi. Aku berpikir sejenak, perasaan ini sepertinya dipicu oleh hal yang salah dengan pola gaya hidupku deh. Tepat, ini migrain. Kasus ini aku sadari pernah aku alami di bulan Desember dan penyebabnya adalah kurang minum. Aku tarik kembali ingatanku tentang kegiatan yang aku lakukan di hari sebelumnya. Setelah aku ingat lagi, tak sekali pun aku ke toilet untuk pipis. Nah, hal itu menjadi cara yang mudah untuk mengetahui apakah aku sudah cukup mengkonsumsi air di hari tersebut?

Tak perlu dijawab, karena hal tersebut sudah kita ketahui. Konsumsi air berpengaruh pada jumlah air seni yang kita keluarkan di suatu hari atau juga berapa banyak keringat yang keluar. Dan apa yang terjadi bila konsumsi air tidak memenuhi hingga beberapa hari? Mungkin kasusnya akan seperti aku. Pusing tak tertahankan. Bisa jadi migrain.

Mengetahui bahwa aku sangat kekurangan air di hari sebelumnya, maka malam itu pun aku minum 2 gelas air sekaligus. Berangsur-angsur rasa pening itu semakin larut. Bagian leher mungkin masih sedikit tegang tetapi itu tahap yang semakin baik dibanding sebelumnya. Sayangnya, karena aku kurang konsumsi air di hari sebelumnya, kini malah jadi batuk dan bersin-bersin mulu. Tanda-tanda akan flu. Aku harap tidak sampai flu juga sih. Perbanyak minum air putih lagi nih.

Pada akhirnya, kita mengetahui baha perlu sekali kita untuk menjaga kecukupan konsumsi air di setiap harinya. Disarankan 2 liter atau 8 gelas di setiap harinya. Ini penting sekali, cukup penting hingga kita perlu juga untuk menjadwalkan kapan saja waktu untuk minum air. Semoga kalian semua tetap menjaga kesehatan dengan minum 8 gelas di setiap harinya.

Juga, jangan sampai kena omel dokter dan sebangsanya karena sakit yang dikarenakan hal sederhana ini (mengacu pada omelan adik angkatan yang anak FK saat aku sakit di bulan Desember).

Sekian cerita hari ini. Semoga hari yang kita jalani saat ini menyenangkan!!!

 

Permadi Heru P

10 Mei 2016

This entry was posted in Artikel.

4 comments on “Sudah Minum Berapa Gelas Hari Ini?

  1. […] air itu sangat penting, seperti yang telah aku tuliskan di sini. Namun, terkadang kita juga bingung nih, baiknya dijadwal kapan saja ya untuk minum air? Untuk […]

  2. Angwie says:

    Nah itu dia per.. gua setuju dah..
    Air putih memang vital buat tubuh kita.. bener2 ampuh.. https://angwie.wordpress.com/2016/02/19/keampuhan-air-putih/

    • permadi says:

      sekalian iklan ya di kolom komentar. hard-advertising banget. hehehe…

      • Angwie says:

        Niatnya sih bukan iklan sob.. itu sharing aja karena kebetulan nyambung sama postingan kamu.. kalo ak gak ada postingan ttg air putih yaa gak bakalan deh ak kasih link postingan.. tolong bedakan itu yaaa.. niatku cuma melengkapi informasi ttg air putih itu 🙂

Leave a Reply

