Bedah Buku dan Mewarnai Bersama

DSC06890Perpustakaan Kementerian Perdagangan yang berada di bawah unit Pusat Hubungan Masyarakat, tanggal 25 November mengadakan acara bedah buku yang bertema “Mewarnai Bersama”. Tema yang diangkat cukup unik dan beda dari biasanya. Tema ini diambil sesuai dengan isi buku yang di bedah, yaitu buku Mewarnai Untuk Orang Dewasa yang berjudul “My Own World”. Buku “My Own World” tersebut disusun oleh Khalezza dan Tria N. Jika melihat dari lembar cover nya, mungkin siapapun tidak menyangka kalau dalamnya hanya berisi gambar-gambar dengan detail-detail cantik dengan latar putih polos atau latar detail – detail ornament.

Buku tersebut memang disediakan untuk bisa diwarnai sesuai dengan keinginan si empunya. Buku mewarnai ini hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai salah satu alternatif bagi yang ingin menghilangkan
penat dengan cara yang mudah. Mewarnai sendiri telah diteliti sebagai obat penghilang stress. Karena dalam mewarnai terdapat tiga unsur (Repetisi, detail dan pola) yang dapat mengingkatkan semangat dan memacu kreativitas. Serta setiap warna mempunyai makna tersendiri yang dapat membuat seseorang berubah mood nya.

DSC06825Kembali pada acara Bedah Buku, acara tersebut diselenggarakan dengan jumlah peserta ±50 orang dari pegawai internal Kemendag dan peserta dari kementerian dan lembaga lain di Jakarta. Ibu Tria N beserta bapak Lukman Hakim (pihak penerbit) hadir sebagai narasumber yang menjelaskan banyak mengenai proses pembuatan buku serta menjelaskan mengapa buku tersebut dapat menjadi alternative bagi orang dewasa khususnya para pekerja untuk menghilangkan rasa jenuh. Buku My Own World terinsipirasi dari buku berjenis sama dari Korea yang berjudul “Secret Garden”. Oleh sebab itulah, penyusun merasa tertantang karena di Indonesia sendiri belum ada buku semacam itu sehingga penyusun buku dan pihak penerbit mencetuskan karya tersebut.

Sampai akhir 2015 ini, buku My Own World sudah empat kali naik cetak. Jumlah tersebut benar-benar diluar dugaan pihak penerbit maupun penyusunnya, Karena ternyata banyak peminat dari buku ini. Buku in ijuga banyak terekspos melalui komunitas “Tabrak Warna” yang memang concern dalam bidang mewarnai. Tidak berhenti pada “My Own World” DSC06912penyusun pun menyusun buku-buku mewarnai selanjutnya dengan tema berbeda-beda. Sampai saat ini, buku yang sudah beredar di pasaran yaitu buku “My Own World 1” dan “My Own World 2”.

Sesudah pemaparan dari para narasumber, para peserta diberi waktu untuk mewarnai buku masing-masing. Para peserta sangat antusias pada saat mewarnai. Ada yang bercerita bahwa dirinya sudah puluhan tahun tidak melakukan hal tersebut, lalu melakukan lagi sekarang dengan perasaan excited. Ada pula yang berniat akan menaruhnya di kantor untuk mengusir kebosanan saat bekerja.

DSC06914Secara garis besar, acara berjalan lancer dan antusiasme dari para peserta tinggi. Dan kegiatan mewarnai amat sangat bermanfaat dan juga mudah untuk dilakukan. Ayo Mewarnai!

Penulis artikel: Gita Hayu Padma Juwita; Seorang Pustakawan Kementerian Perdagangan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s