Minggu kedua

Ini adalah minggu kedua aku kerja di SGU. Lebih tepatnya di perpustakaan SGU. Alhamdulillah aku baik-baik aja, Bagaimana dengan kalian? Semoga sehat selalu ya…. hehehe…

Oke, aku akan cerita tentang hal-hal yang aku baru sadari dan memang ingin aku ceritakan. Karena aku tipenya anak yang flat of idea jadi jangan banyak tanya kalo lompat-lompat tulisannya. Nikmati aja, kalo enggak ya udah sabar. Orang sabar disayang Allah.

Menikmati KRL

Perjalanan menggunakan KRL adalah hal yang sudah biasa. Sudah dari saat kuliah aku menikmati kegiatan berdesak-desakan di KRL. Mulai dari KRL ekonomi yang dulu hampir mmebuat aku terpental dari gerbong hingga yang seakrang ini dengan tipe KRL yang lebih manusiawi meski tetap desak-desakan. Jika ada yang mengeluh desak-desakkan di dalam KRL di saat jam masuk dan pulang kerja, mungkin ia harus melihat bagaimana keadaan KRL di Jepang. Sama aja kok.

Banyak hal yang terjadi dalam perjalanan, mulai dari telat di hari Jumat kemarin karena kereta yang aku tumpangi disalip sama kereta jurusan Jatinegara (KRL yang aku tumpangi hanya sampai Duri). Di malamnya, kemarin kok pas banget di jalan antara stasiun Tanjung Barang hingga Lenteng Agung malah listriknya ga stabil. Idup mati dua kali gitu. Sumpah itu malah bikin aku terhibur. Ada pula melihat ada yang PDA (Public Display Affection) di dalam KRL yang penuh. Kalo diinget jadi ketawa. Hehehe…

Selain itu, aku pun banyak mendapat ide saat di dalam KRL sembari berdiri berdesak-desakkan. Saat duduk aku lebih banyak malah mengantuk. Serba salah deh, berdiri capek, duduk malah ngantuk. Ada banyak ide yang tercetuh di dalam KRL ada tuh di notesku. Mulai dari dubsmash suara masinis dan mbak-mbak yang kadang terdengar saat sampai di sebuah stasiun. Berpikir untuk foto selfie saat lagi desak-desakkan, tak lupa pula dengan gaya yang aneh. Biar ngehits hayak artis, hyahahaha…

Selain itu, KRL membuatku sholat magrib di stasiun Tanah Abang. Asyik deh sholat berjamaah di sana. Setelah sholat tak ada waktu untuk duduk lebih dari satu menit karena tempatnya untuk gantian bagi yang belom sholat. Yang aku suka, masih banyak loh yang lebih milih sholat dulu dibanding langsung menuju peron dan masuk ke kereta. Mungkin juga karena di jam-jam padat kayak gitu malah sesak ya. Dan yang pasti sih, kita jadi sholat di awal waktu. Berjamaah lagi.

Masih Juga Banyak Salah

Aku suka sekali saat bertugas di bagian pengolahan. Mungkin kesannya yaelah cuma kayak gitu. Cuma masukin data buku, eits tapi ini seru bagiku. Selalu ingat pula tak ada loh kata cuma. Semua hal besar kan dimulai dari hal yang kecil. Aku suka karena… entah aku juga ga tau tapi aku suka aja.

Aku tipe yang suka membuat rencana, tetapi soal detail aku ga hebat. Di sinilah aku merasa sedikit bersalah pada Bu Nona (Ibu Maria MT. Lamury). Karena dalam pengerjaan pengolahan aku ada aja salah. Entah itu di bagian nama atau apa lah. Misalnya nih, dari 10 buku aku salah 3. Yah, maafkan stafmu ini Ibu…

Di sini aku juga harus mulai kembali bagaimana cara membuat bibliografi buku. Jujur, aku udah lupa. Gimana coba buat bibliografi untuk penulis yang jumlahnya lebih dari tiga? Nah kemarin ditanya sama Ibu Nona, aku ga bisa jawab. Yang ada aku malah berdalih udah dua tahun lulus jadi lupa. Sekarang saatnya nyari lagi bahan-bahan kuliah yang mungkin akan berguna lagi. Mungkin baca lagi buku dari pak Sulistyo-Basuki.

Bagian Sirkulasi

Selain itu, aku juga bertugas di bagian sirkulasi. Aku masih juga agak canggung. Heah…, bisa-bisanya canggung. Iya, canggung dipanggil bapak. Sebetulnya lebih pada ga suka. hehehe.. panggilnya Mas aja biar lebih mahal dari perak. zzzz…

Kadang kalo sepi aku suka pakai waktu di bagian ini untuk baca artikel di kaskus, kompas, detik, kadang pula aku pakai untuk nulis di blog. Ideku selanjutnya kalo emang lagi di sini aku mau nulis yang berkaitand dengan ilmu perpustakaan. Siapa tahu dari situ aku bisa buat paper atau setidaknya artikel sederhana. Sumber? Tinggal telusur dari jurnal atau si mbah google. hehehe…

Jadi, nantinya aku bisa buat majalah sederhana yang isinya karya-karyaku dan kemudian dijadikan PDF aku masukin di website file hosting dan kalo ada yang mau baca silakan unduh. Ntar tambah ad.fly dan sejenisnya agar dapet uang. eaaa…. hehehe…

Tugas Lain

Selain dua itu tadi, aku juga bertugas untuk pembuatan storyboard untuk 3 video tentang perpustakaan. Belajar lagi SLiMS untuk bagian sirkulasi dan memasukkan file .SWF. Hal yang juga masuk dalam ideku tetapi belum aku beri tahu Bu Nona adalah pembuatan infografik dan instructografik. Semua itu adalah bagian dari literasi informasi yang aku harapkan bisa berjalan di sini. Ya kalo pun tidak, semoga di tempat lain nantinya bisa dibuat.

infografik berguna sebagai bentuk kemas ulang informasi. Bentuk ini lagi ngehits dibanding sekadar statistik atau grafik biasa. Sementara instructografik, itu seperti how to gitu loh. Ngertilah ya…

Ada yang ingin aku ceritakan lagi? ehm… aku lupa mau cerita apa lagi. udah aja deh pekan ini aku cerita sampai sini dulu aja. Ini lagi tugas hari Sabtu di SGU. Semoga kalian menikmati akhir pekan kalian.

17 Oktober 2015

11.28 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s