Percontohan Indonesia

image

Pernah ngobrol sama seorang dosen yang sedang S3 di UI. Tentang UI yang harusnya sudah bisa menjadi percontohan untuk Indonesia secara keseluruhan. Namun, nyatanya UI masih belum bisa menjadi percontohan bagi Indonesia.
Mengapa? Lihat aja foto di atas. Sebagai kampus yang punya nama besar di dunia, mahasiswa UI masih belum bisa untuk buang sampah pada tempatnya. Bukan hanya itu, saat mengantri bikun pun masih pada ngeroyok pintu. Enggak antri.
Kalo kata pak dosen, itu karena emang ga ada penegakan aturan yang keras akan ketertiban. Tetangga kita, Singapore dulunya juga ga tertib tapi karena adanya aturan yg tegas maka mereka bisa seperti Singapore saat ini.
Lalu apakah pendidikan selama SD, SMP, dan SMA ga guna kok sampe harus ditegakkan aturan ketat sampai perlu dijagain untuk kawasan kampus yang menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia? Tetap perlu, karena pendekat kultural kita masih lemah. Ya begitulah kata pak dosen.
Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Yuk kita jadi salah satu bagian dari orang-orang yang keren! Jadi contoh untuk teman, sahabt, keluarga, dan orang lain dalam bertindak. Sederhana, buang sampah pada tempatnya, bukannya udah buang sembarangan atau udah geletakin gitu aja dan mau untuk antri.
Sederhana kan? Mudah kan? Bisa kan? Nah, sekarang. Mau kan? Di mana pun kita, semoga kita menjadi bagian dari kebaikan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s