Idiom Dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia. Bahasa yang menjadi salah satu pemersatu bangsa ini. Ehm…, sepertinya ga asyik banget gaya bahasa yang kaku. Karena ini hanya celotehku yang masih perlu banyak dikaji lagi. Ada baiknya kita mulai tanpa kekakuan.
Yuk, sesekali kita bahas tentang bahasa Indonesia. Aku bukan anak sastra, bukan juga jurusan bahasa. Banyak hal yang tak ketahui tentang bahasa Indonesia. Namun, akhir2 ini agak tertarik dengan bahasa Indonesia
.
Idiom. Itu adalah hal yang saat ini sering aku tuliskan dalam twitku. Aku tulis pula arti idiom tersebut dari apa yang aku pahami. Semoga aja tak begitu salah. Sebelum jauh melangkah, aku barusan cari tahu arti kata idiom di kamus di ponsel pintarku. Ini jawabannya.
idi·om n Ling 1 konstruksi yg maknanya tidak sama dng gabungan makna unsurnya, msl kambing hitam dl kalimat dl peristiwa itu hansip menjadi kambing hitam, padahal mereka tidak tahu apa-apa; 2 ark bahasa dan dialek yg khas menandai suatu bangsa, suku, kelompok, dll
Sudah taulah ya artinya sekarang, apa itu idiom. Nah, aku mau bahas tentang kamus idiom Indonesia. Ada ga sih? Kalo ga salah dulu pas SMP aku pernah baca deh. Kalo gitu, jawabnya ada. Namun, aku ga yakin waktu itu yang aku baca kamus idiom kan ya? Takutnya kamus idiom tapi bahasa inggris. Nah kan ga mathuk.
Di playstore android banyak kamus idiom bahasa Inggris. Namun, sampe sekarang ga ada yg bahasa Indonesia. Sedih nih.
Lalu, apa sih guna idiom? Kalo bagiku sendiri sih sebagai penggati kata agar tulisan kita kaya. Selain itu penggunaan diksi yang tepat juga bisa semakin berwarna akan adanya idiom. Tapi juga harus dengan idiom yang tepat pula. Mau contoh? Aku kasih yang unik deh (bagiku). Hujan monyet siang ini cukup deras, meski hanya beberapa menit daerah kampus terlihat becek karenanya. Hujan monyet… hujan di siang hari di mana tak ada awan gelap dan terkadang tanpa ada guntur pula. Hujan di mana matahari begitu jelas terlihat di langit.
Lalu, apakah ada idiom2 baru di bahasa Indonesia? Seperti pertanyaanku tentang peribahasa. Apakah ada peeibahasa baru? Peribahasa, idiom, dua hal yang aku katakan sebagai buah bahasa. Hasil karya dari bahasa yang indah. Yang mana kita tak bisa memakannya langsung. Harus kita kupas dulu sebelum dinikmati.
Ya itu sedikit pikiranku tentang bahasa Indonesia. Lebih tepatnya di bagian idiom. Jika ada yang ingin diobrolkan silakan komen atau cek kontakku di tentang aku. Terima kasih…n_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s