Burung Elang yang Malang

Di suatu pohon terdapat sebuah sarang burung elang di atas pohon, di sarang tersebut terdapat beberapa telur burung elang yang hampir siap menetas. di bawahnya terdapat sarang ayam yang pula terdapat telur-telur ayam yang sudah siap untuk menetas. di suatu hari yang berangin, salah satu telur di sarang burung elang tersebut jatuh ke tempat sarang ayam yang berada di bawahnya.

hari terus berlalu, hari menetasnya telur pun tiba. induk ayam yang melihat ada anaknya yang ebrbeda dari yang lain tak pula memperdebatkan hal tersebut, mungkin hasil genetik yang berbeda pikirnya tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah.

hari demi hari pun berganti. anak-anak ayam ini pun semakin dewasa dan mereka pun semakin mirip dengan induk mereka kecuali satu dari mereka yang sebenarnya adalah seekor elang. sang elang tersebut mulai untuk bertanya-tanya pada dirinya sendiri mengapa ia taks eperti saudara-saudaranya? mengapa ia lebih mirip dengan burung-burung elang yang ada di atas sana?

“Aku seperti mereka yang ada di atas, mungkinkah aku juga bisa terbang?” tanya anak elang tersebut.

“Tak mungkin kau bisa tterbang, engkau seperti kami, engkau adalah ayam,” ucap seorang saudaranya.

dan setelah mendengar kata-kata tersebut sang anak elang tersebut pun tak lagi berani untukkatakan ia adalah elang. hingga hari kematiannya ia tak pernah untuk mengepakkan sayapnya terbang di angkasa…

pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita di atas adalah…

kita adalh makhluk yang luar biasa. namun, keadaan, tempat tinggal kita kadang membelenggu kekuatan yang ada pada diri kita. hal tersebut membuat kita menjadi orang yang tak pernah bisa memperlihatkan jati diri kita.

bagi adik-adik kelas yang mungkin saja ingin masuk IPA tapi tak berhasil sehingga akhirnyamasuk IPS itu bukanlah halyang menjadi masalah. IPA ataupun IPS bukanlah menjadi hal yang membuat kita patah semangat di IPA ataupun IPS kalian tetap bisa menjadi elang yang akan terbang di angkasa. jangan hanya berpikir jalan yang baik hanya IPA.

sumber: cerita seorang teman di awal masuk IPS di kelas XI IPS 1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s