DOI-tugas ISBN ISSN

DASAR-DASAR ORGANISASI INFORMASI

Tugas ISBN dan ISSN

Permadi Heru Prayogo, 0906526153

19 Oktober 2009

International Standard Book Number

A. Pelajari dan terjemahkan dalam bahasa Indonesia : “ General Information about the ISBN system “

Informasi umum tentang sistem ISBN
1.
Apakah yang dimaksud dengan ISBN?
ISBN adalah International Standard Book Number. ISBN selalu memiliki panjang  10 angka sampai akhir Desember 2006, namun sejak  1 Januari 2007 mereka telah terdiri dari 13 digit. Jumlah dihitung dengan menggunakan rumus matematika tertentu dan termasuk cek digit untuk memvalidasinya.

2. Apakah kegunaan ISBN?
ISBN pada dasarnya adalah pengidentifikasi produk yang digunakan oleh penerbit, penjual buku, perpustakaan, dan internet pengecer untuk pemesanan, daftar, catatan penjualan dan kontrol stok tujuan. ISBN mengidentifikasi penerbit serta judul spesifik, edisi dan format.

3. Apa format dari ISBN?
Setiap ISBN terdiri dari 5 bagian dengan masing-masing bagian dipisahkan oleh spasi atau tanda hubung. Tiga dari lima unsur dapat bervariasi panjang:
1. Unsur Prefix – saat ini hanya bisa angka baik 978 atau 979 (selalu 3 digit)
2. Pendaftaran elemen grup – ini mengidentifikasi penerbit atau jejak tertentu. Hal ini mungkin lebih dari 7 digit panjangnya
3. Elemen Publikasi – ini mengidentifikasi edisi khusus dan format judul tertentu. Hal ini mungkin lebih dari 6 digit panjangnya
4. Periksa digit – ini selalu satu digit terakhir yang secara matematis memvalidasi seluruh angka. Ini dihitung dengan menggunakan sistem 10 Modulus dengan bobot alternatif 1 dan 3.

4. Mengapa saya harus menggunakan ISBN?
Jika Anda adalah seorang penerbit atau penjual buku mungkin untuk kepentingan Anda sendiri ketika Anda ingin menjual buku. Jika buku Anda tidak dapat dipesan dan didistribusikan oleh ISBN dan jika mereka tidak tercantum dalam Buku dalam jenis Cetak listing Anda mungkin menemukan bahwa buku-buku Anda tidak dijual. Orang-orang akan menganggap buku-buku Anda tidak ada, dan bahkan jika mereka tahu mereka ada mereka mungkin menganggapnya terlalu repot untuk menangani Judul lengkap mereka, pemesanan manual.

5. Apakah saya harus memiliki ISBN?
Sistem ISBN internasional tidak memaksakan persyaratan hukum untuk memiliki ISBN, dan ISBN tidak menyampaikan hukum atau perlindungan hak cipta. Namun, penggunaan ISBN ada yang ditentukan oleh hukum di beberapa negara.

6. Apakah buku memerlukan ISBN jika mereka tidak akan dijual?
Sangat diharapkan bahwa semua buku, apakah mereka yang tersedia untuk dijual atau pada dasarnya memang gratis, tetap diidentifikasi oleh ISBN.

B. Jelaskan bagaimana struktur organisasi International ISBN Agency. Dimana lokasinya? Dan apa fungsi utamanya?

Siapa kami?
Administrasi sistem ISBN dilakukan pada tiga tingkatan:
• Badan International
• Badan Group
• Tingkatan Penerbit

International ISBN Agency adalah otoritas registrasi untuk sistem ISBN dan berada di:

International ISBN Agency
c / o EDItEUR
39-41 North Road
London
N7 9DP
Inggris
Tel / fax: 44 (0) 20 7503 6418
Email: info@isbn-international.org
URL: http://www.isbn-international.org

Direktur Eksekutif: Brian Green
Associate Director: Stella Griffiths
Penerbit berharap untuk memiliki ISBN yang diberikan kepada mereka harus menghubungi Badan Nasional yang sesuai.

Fungsi utama dari International ISBN Agency adalah:
• Untuk mempromosikan, mengkoordinasikan dan mengawasi seluruh dunia mengenai penggunaan sistem ISBN
• Untuk menyetujui definisi dan struktur lembaga kelompok
• Untuk mengalokasikan kelompok pengidentifikasi ke badan grup
• Untuk memberi nasihat tentang pendirian dan fungsi lembaga kelompok
• Untuk menyarankan kelompok instansi yang mengidentifikasi alokasi penerbit internasional
• Untuk menerbitkan penetapan jumlah kelompok dan penerbit awal

C. Badan nasional yang berfingsi sebagai ISBN Agency untuk Indonesia adalah : … Carilah informasi lebih lanjut tentang ISBN di Indonesia di situs ISBN Agency untuk Indonesia.

Agency: Indonesia
Organization: Directorate of Legal Deposit
Address: National Library of Indonesia
Head of Biography Department
Jl. Salemba Raya 28
P.O. Box 3624
Jakarta 10002
Phone: (+ 62 21) 315 48 63/64
Fax: (+ 62 21) 392 79 19
Contact: Dra. Sauliah Saleh
eMail: pusnas@rad.net.id
Web: http://www.pnri.co.id

International Standard Serial Number

  1. A. Apa ISSN?

International Standard Serial Number

ISSN (International Standard Serial Number) adalah delapan angka yang mengidentifikasi publikasi berkala sejenisnya, termasuk elektronik serials.

ISSN adalah kode angka yang digunakan sebagai sebuah identifier: tidak memiliki makna dalam dirinya sendiri dan tidak berisi informasi apapun yang mengacu pada asal atau isi dari publikasi.

ISSN mengambil bentuk singkatan ISSN diikuti oleh dua kelompok dari empat digit, dipisahkan oleh tanda hubung. Karakter kedelapan adalah angka kontrol dihitung sesuai dengan algoritma 11 Modulo berdasarkan dari 7 digit sebelumnya; karakter kontrol kedelapan ini mungkin merupakan “X” jika hasil dari komputasi adalah sama dengan “10”, dalam rangka untuk menghindari ambiguitas.

ISSN yang terhubung dengan bentuk standar judul serial diidentifikasi, yang dikenal sebagai “gelar kunci”, yang mengulangi judul publikasi, kualifikasi dengan unsur-unsur tambahan dalam rangka untuk membedakannya dari publikasi lain yang memiliki judul yang identik.

Jika perubahan judul publikasi dalam setiap cara berlangsung signifikan, ISSN baru harus diberikan dalam urutan yang sesuai dengan bentuk judul baru ini dan menghindari kebingungan. Publikasi serial yang judulnya adalah diubah beberapa kali dalam perjalanan setiap kali keberadaannya akan diberi ISSN baru, sehingga memungkinkan identifikasi yang tepat dari setiap bentuk judul: sebenarnya itu kemudian dianggap bahwa publikasi mereka berbeda bahkan jika ada hubungan logis di antara mereka.

Berlawanan dengan jenis publikasi lain, dunia dari serial publikasi ini terutama berubah dan kompleks: masa judul mungkin sangat pendek; banyak publikasi, mungkin merupakan bagian dari serangkaian hubungan yang kompleks, dll kekhasan ini sendiri mengharuskan pengenalan ISSN.

ISSN merupakan standar kode internasional yang memungkinkan identifikasi dari setiap seri penerbitan, termasuk elektronik serials, secara independen dari negara publikasi, dari bahasa atau abjad, dari frekuensi, menengah, dan lain-lain nomor ISSN Oleh karena itu, didahului oleh para surat, dan muncul sebagai dua kelompok dari empat digit, dipisahkan oleh tanda hubung, tidak memiliki makna dalam dirinya sendiri dan tidak berisi informasi apapun itu sendiri yang mengacu pada asal atau isi dari publikasi.

  1. B. Apa manfaat ISSN?

Nomor ISSN ISSN yang diberikan oleh Pusat nasional dikoordinasikan dalam jaringan. Semua ISSN dapat diakses melalui ISSN Register. ISSN tidak “hanya nomor administratif lain”. ISSN yang harus sebagai dasar bagian dari serial sebagai judul.
• Sebagai kode identifikasi angka standar, ISSN yang sangat cocok untuk penggunaan komputer dalam pemenuhan kebutuhan untuk file update dan linkage, pengambilan dan penyebaran data.
• Sebagai kode dibaca manusia, ISSN yang juga menghasilkan pengutipan akurat serials oleh para ilmuwan, peneliti, ilmuwan informasi dan pustakawan.
• Di perpustakaan, ISSN yang digunakan untuk mengidentifikasi judul, pemesanan dan check-in, mengklaim serials, antar-pinjaman, serikat katalog pelaporan dll
• ISSN adalah sebuah alat fundamental untuk pengiriman dokumen efisien. ISSN menyediakan ekonomis yang berguna dan metode komunikasi antara penerbit dan pemasok, membuat sistem distribusi perdagangan lebih cepat dan lebih efisien, khususnya melalui penggunaan bar-coding, dan EDI (electronic data interchange).

  1. C. Apa fungsi ISSN International Centre? Dimana lokasinya?

Apa tugas-tugas khusus ISSN International Centre?
ISSN International Centre, selain tugas pemeliharaan dan edisi ISSN yang mendaftar dan tanggung jawab untuk mengendalikan kegiatan Pusat Nasional ISSN, juga bertanggung jawab atas tugas ISSN publikasi internasional dan untuk serials dikeluarkan di negara-negara tanpa Pusat

Centre International de l’ISSN
45 rue de Turbigo
75003 PARIS
FRANCE
Telephone : +33 1 44 88 22 20
Telecopy : +33 1 40 26 32 43

  1. D. Apa ISSN Register? Apa isi cantuman ISSN?

Apa yang dimaksud dengan ISSN Register?
Setiap ISSN yang ditetapkan ke publikasi serial terdaftar dalam database internasional, ISSN Register, sebelumnya dikenal sebagai ISDS Register (International Serials Data System). Ini adalah yang paling komprehensif dan otoritatif sumber untuk identifikasi publikasi serial di seluruh dunia.
Apa yang dimaksud dengan struktur catatan ISSN?
Masing-masing catatan bibliografis yang menyusun Daftar ini berisi, selain unsur-unsur otoritas yang unik (ISSN – judul kunci – kunci disingkat judul), informasi tambahan, sangat diperlukan atau berguna untuk identifikasi publikasi yang bersangkutan (frekuensi publikasi, bahasa, bentuk-bentuk lain judul, tempat penerbitan, penerbit …) dan dari link yang dapat mengaitkan ke publikasi seri lainnya, yang juga diidentifikasi oleh berbagai ISSN (mantan judul (s), edisi bahasa lainnya, edisi media lainnya …) .
Apa format catatan ISSN?
Catatan ISSN tersedia sebagai catatan dan 21 MARC UNIMARC (MARC adalah format yang digunakan bibliografi di perpustakaan). Format Pertukaran adalah ISO 2709.

  1. E. Berapa banyak cantuman ada dalam ISSN Register? Berapa banyak jumlah records (cantuman) Indonesia pada tahun 2001 dan 2008?

ISSN register  tahun 2001-5397

ISSN register  tahun 2008-13597

  1. F. Untuk apa saja ISSN Register digunakan?

Apakah kegunaan ISSN Register?

Daftar ISSN yang dapat digunakan sebagai sumber otoritatif informasi tentang ISSN: ini adalah fungsi utamanya.

Selain itu, ISSN digunakan di perpustakaan untuk mengidentifikasi judul, pemesanan dan memeriksa di serials, dan mengklaim masalah hilang.

ISSN menyederhanakan sistem pinjaman antar dan serikat pelaporan dan daftar katalog.

ISSN, dipekerjakan sebagai standar kode identifikasi numerik, dapat digunakan pada komputer untuk memperbarui dan menghubungkan file, dan mengambil dan mengirimkan data.

ISSN menyediakan ekonomis yang berguna dan metode komunikasi antara penerbit dan pemasok, membuat sistem distribusi perdagangan lebih cepat dan lebih efisien.

ISSN hasil dalam pengutipan akurat serials oleh para ilmuwan, peneliti, abstracters, dan pustakawan.

ISSN Daftar tetapi juga merupakan bibliografi utilitas yang dapat digunakan sebagai sumber utama informasi tentang dunia dari serial publikasi yang terdaftar pada dasar yang komprehensif. Daftar ISSN yang dengan demikian dapat dianggap sebagai katalog dunia serials.

  1. G. Carilah nama dan alamat pusat nasional yang mengurus ISSN untuk Indonesia didaftar pusat nasional disitus ISSN International.


Indonesia / Indonésie
ISSN National Centre for Indonesia

Country code: IDN
Centre code: P1

ISSN National Centre for Indonesia
Centre for Scientific Documentation and Information
Indonesia Institute of Science
Jl. Jenderal Gatot Subroto 10
Jakarta 12710

Jakarta

Website: http://www.pdii.lipi.go.id/index.php/issn/
Tel: +62-21.573.3465 / +62-21.525.071

Contact

Ms. Lidya Apallidya Sitepu
Head of Documentation Division
Telephone: +62-21.573.3465 / (+62-21.525.0719)
Fax: +62-21.573.3467

  1. H. Kunjungi situs web ISSN National Centre Indonesia. Berapa jumlah ISSN yang telah diterbitkan?

http://issn.lipi.go.id/

Pertanggal 21 Oktober 2009 : 12.843

Pertanggal 22 Oktober 2009 : 12.844

Pertanggal 25 Oktober 2009 : 12.848

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s